Contoh Teks Anekdot Singkat & Anekdot Lucu Tentang Pendidikan

Contoh Teks Anekdot - Teks anekdot adalah sebuah tulisan atau cerita singkat yang merupakan pengalaman lucu. Pengalaman lucu tersebut bisa didapat dari pengalaman penulis sendiri atau pengalaman orang lain. Tokoh dalam teks anekdot juga bisa manusia ataupun hewan. teks anekdot mengutamakan hal lucu, biasanya ditulis pada bagian akhir paragraf yang dituangkan dalam bentuk cerita singkat. Salah satu contoh teks anekdot singkat yang sering kita jumpai adalah contoh teks anekdot pendidikan, contoh teks anekdot politik dan lain-lain yang kesemuanya dituangkan dengan gaya bahasa lucu namun untuk anekdot politik biasanya dibuat untuk tujuan menyindir terkait suasana politik.

Berikut ini adalah contoh teks anekdot yang dikutip dari kumpulan anekdot berjudul My funny Mother karya Dewi Dedew Rika, halaman 15-18. dan pada bagian kedua adalah contoh anekdot pendidikan yang saya buat dengan gaya bahasa sendiri namun tema anekdot tersebut saya dapatkan dari situs luar namun saya lupa sumber situs tersebut jadi mohon maaf karena tidak bisa menyertakan sumbernya



Contoh Teks Anekdot


Mama Pelupa, Hiks …..


Pulang les berenang, Alde menunggu di depan gelanggang. Mama belum muncul juga, padahal Alde capek sekali. Ia ingin buru-buru makan, lalu sholat dan mengerjakan PR agar sorenya bisa main bola

            “Aduh, Mama mana ya? Katanya nggak mungkin lupa, hiks….Tadi kan udah dicatat!” keluh Alde memandangi teman-temannya pulamg. Enak juga pulang ramai-ramai seperti mereka. Tapi rumah Alde jauh di pinggir kota, harus naik angkot berkali-kali agar bisa sampai rumah. Hiks …

            Ah, telepon Mama saja!

            Alde merogoh tasnya. Aduh, ia lupa bawa ponsel kecilnya. Tadi pagi ia taruh di meja makan. Alde celingukan. Teman-temannya sudah tak kelihatan batang hidungnya. Duh, tidak bisa pinjam ponsel teman. Apa pinjem telepon Pak Satpam untuk SMS Mama, ya? Pak Satpam kemana, ya?

            Dua jam berlalu. Anak-anak yang les berenang sesi berikutnya sudah berdatangan. Alde melambaikan tangan pada Arga, teman sekolahny. Asyik, Alde bisa pinjam ponsel Arga. Fiuh, untung Arga bawa ponsel. Alde lalu memencet nomor telepon mamanya

            “Aldee….kamu di mana, Nak?” teriak Mama dari seberang sana.


“Mammaaa……Mama ada di mana sih? Alde sudah nunggu lama dari tadi Mama!”

“Mama di lobi tempat les, menunggu juga dari tadi! Kamu memang keluyuran ke mana saja sih? Jangan bikin Mama khawatir, dong!

Alde menggeleng kesal. “Mama jemput Alde di mana? Hari ini, Alde les renang lho!”

“Hahh… Mama nunggu kamu di tempat les bahasa inggris! Ini hari Selasa kan?”

Alde menepuk jidatnya. “Mamaa… ini hari Rabuu… Alde udah kering nih nungguin Mama di gelanggang olahraga dari tadi!”

“Huaa…..maafkan Mamaa!”



Contoh Anekdot Pendidikan


Cerita Guru Tentang Isssac Newton


Guru : " Anak anak... Kalian tau awal mula seorang Issac newton menemukan hukum gravitasi?

Murid : " tidak  Pak...Ceritanya singkat aja ya pak, tuh kelas lain sudah pada pulang

Guru : Bagaimana kalian bisa menjadi seorang Issac kalau fikirannya pulang aja

Guru : Seorang Issac menemukan hukum gravitasi ketika ia duduk di bawah pohon dan buah dari
pohon tersebut jatuh tepat dikepalanya, Issac berfikir dan bertanya kepada dirinya sendiri "mengapa buah ini jatuh"?

Murid (Andre) : oww,,gitu ya pak..sekarang andre juga lagi mikir pak

Guru : Apa yang kamu pikirkan tentang cerita issac newton tadi andre?

Murid (Andre) :  Seandainya Issac tidak duduk di bawah pohon & hanya duduk di kelas hanya untuk membaca buku atau mendengarkan cerita dari gurunya seperti yang kita lakukan saat ini berarti Issac ga akan menemukan hukum gravitasi ya pak?

Mendengar apa yang dikatakan salah seorang murid, pak guru bingung namun tetap berusaha menjawab dengan bijak

Guru : Issac Newton mampu menemukan hukum gravitasi tidak hanya dari melihat buah yang jatuh dari pohonnya, melainkan karena rajin baca buku karena ia percaya buku adalah gerbang ilmu dan pendidikan


Dari 2 contoh anekdot diatas, memiliki gaya penulisan dan tentang kejadian yang berbeda namun tetap disuguhkan dalam bentuk cerita lucu singkat. sobat juga bisa membuat teks anekdot sendiri berdasarkan pengalaman atau kejadian sehari-hari dan untuk para siswa yang sedang mencari atau mendapat tugas sekolah untuk membuat contoh teks anekdot singkat bisa mengambil dari kedua anekdot di atas tapi tentu lebih baik lagi jika berdasarkan pengalaman sendiri dan dibuat sendiri dengan gaya bahasa yang lucu